11 Tips dan Trik Fotografi Acara untuk Semua Fotografer

11 Tips dan Trik Fotografi Acara untuk Semua Fotografer – Jika Anda memulai karir di bidang fotografi, Anda pasti akan dibayar untuk memotret beberapa jenis acara. Acara dapat sangat berbeda mulai dari pernikahan hingga acara perusahaan hingga konser.

11 Tips dan Trik Fotografi Acara untuk Semua Fotografer

gommamag – Namun, kami telah membuat daftar beberapa kiat mendasar yang akan membantu Anda mengambil foto yang lebih baik, apa pun acara yang Anda potret. Dalam artikel ini, kami membahas cara mempersiapkan pemotretan suatu acara, perlengkapan dan pengaturan apa yang akan Anda gunakan, dan cara mengambil foto yang bagus pada hari acara.

Baca Juga : 10 Aturan Komposisi Fotografi Teratas

Persiapkan acaranya

Pada hari-hari dan minggu-minggu menjelang acara pengambilan gambar, penting untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pertama dan terpenting, adakan pertemuan dengan klien Anda untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan pemahaman yang sama tentang apa harapan mereka. Jika Anda bertemu dengan klien baru yang potensial, berikut adalah beberapa tip untuk pertemuan klien yang lebih baik.

Gambar seperti apa yang mereka harapkan? Momen apa yang paling penting untuk diabadikan? Di mana foto-foto ini akan digunakan? Gaya fotografi apa yang mereka suka atau tidak suka? Ini hanyalah beberapa contoh pertanyaan yang akan membantu Anda mendapatkan arahan yang lebih jelas tentang cara memotret acara tersebut.

Anda juga akan ingin meneliti ruang dan lokasi acara. Cari ruang acara tertentu secara online. Ini akan sering memunculkan foto dari pemotretan sebelumnya, lokasi, dan pencahayaan alami yang akan memberi Anda gambaran tentang apa yang akan Anda kerjakan.

Bersiaplah untuk fotografi acara

Bagian penting lain dari persiapan adalah menentukan perlengkapan apa yang akan Anda gunakan untuk memotret. Ada berbagai jenis lensa kamera untuk dipilih, jadi bagaimana Anda mempersempitnya? Dalam hal pemotretan acara, jenis lensa terbaik adalah lensa yang efektif dan efisien.

Lensa prima bisa sangat tajam dan menciptakan kedalaman bidang dan bokeh yang indah . Namun, beralih di antara lensa prima dapat menghabiskan waktu. Dalam fotografi acara, aksinya tidak akan memperlambat Anda untuk dapat mengganti lensa dan mendapatkan bidikan.

Inilah sebabnya mengapa lensa zoom berkualitas biasanya merupakan keseimbangan yang baik antara efisiensi dan efektif. Lensa zoom memungkinkan Anda mengubah panjang fokus dengan cepat tanpa mengganti lensa sehingga Anda tidak membuang waktu dan bisa mendapatkan setiap bidikan yang Anda butuhkan. Lensa zoom dapat menangkap bidikan lebar , bidikan close up , dan bidikan sedang dalam satu lensa. Pelajari lebih lanjut tentang lensa zoom dan manfaatnya dalam video rincian lensa kami di bawah ini.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah apakah Anda akan menggunakan cahaya buatan seperti flash. Ini mungkin tergantung pada acara yang Anda potret serta ketersediaan cahaya. Di lokasi gelap atau acara malam hari, lampu kilat dapat membantu Anda mengekspos bidikan gelap dengan benar.

Tetapi flash juga dapat mengganggu dan mengganggu, jadi pastikan untuk berbicara dengan klien Anda jika Anda berencana untuk menggunakannya. Jika Anda memilih lampu kilat, pertimbangkan untuk memantulkan lampu kilat Anda daripada mengarahkan lampu kilat langsung ke subjek atau ruang acara Anda.

Salah satu perlengkapan yang paling penting, tetapi mudah diabaikan yang benar-benar Anda butuhkan adalah baterai ekstra dan kartu memori ekstra. Saat memotret acara, kamera Anda akan menyala dan memotret selama berjam-jam.

Bawa baterai ekstra untuk mengganti baterai mati dengan yang baru dengan cepat. Kartu SD juga akan cepat terisi saat merekam acara. Ini terutama benar saat memotret dalam RAW. Kemas lebih banyak kartu memori daripada yang Anda pikir Anda perlukan untuk ketenangan pikiran.

Tahu agendanya

Dalam pertemuan klien Anda, bagian dari percakapan Anda akan menjadi agenda acara. Catat agenda untuk membantu Anda mendapatkan pemahaman visual tentang apa yang akan Anda tangkap. Acara dapat sangat bervariasi. Pernikahan dan acara keluarga akan memiliki momen untuk mengabadikan momen di mana pasangan atau seseorang sedang dirayakan.

Fotografi acara perusahaan dapat berisi latihan atau permainan yang ingin Anda abadikan. Mengetahui agenda akan membantu Anda memvisualisasikan acara tersebut. Ini akan membantu Anda dengan tip kami berikutnya yaitu membuat daftar bidikan.

Buat daftar foto

Meskipun sebagian besar fotografi peristiwa didasarkan pada naluri dalam menangkap aksi waktu nyata, membuat daftar bidikan penting untuk diingat untuk menangkap bidikan kritis. Dansa pertama pengantin, pidato CEO, atau kakek meniup lilin ulang tahunnya adalah momen penting untuk mengabadikan apa yang diharapkan klien Anda.

Menggunakan perangkat lunak seperti aplikasi daftar bidikan StudioBinder dapat membantu Anda membuat daftar bidikan penting yang terorganisir. Anda juga dapat menggunakan aplikasi untuk menandai ukuran dan jenis bidikan. Ini akan membantu Anda menangkap berbagai bidikan dari bidikan lebar ruang acara hingga bidikan close-up emosi tamu.

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana jenis bidikan yang berbeda dapat digunakan untuk mengabadikan suatu peristiwa, lihat video di bawah ini di mana fotografer Mik Milman menguraikan 6 jenis bidikan yang ia gunakan untuk acara.

Tidak ada aturan yang ditetapkan dalam hal pemotretan. Ini mungkin berarti mengatur daftar bidikan berdasarkan agenda atau mengatur daftar bidikan berdasarkan jenis bidikan. Manfaatkan daftar pemotretan dengan cara apa pun yang paling menguntungkan Anda pada hari pemotretan.

Bidik dalam RAW

Untuk memberi diri Anda fleksibilitas dalam fase pengeditan fotografi, Anda akan ingin memotret foto Anda dalam RAW. Kamera terbaik untuk fotografi acara biasanya adalah kamera DSLR atau mirrorless profesional yang memungkinkan Anda memotret dalam RAW. Memotret dalam RAW mempertahankan semua informasi visual di luar pengaturan tempat Anda memotret.

Ini memungkinkan Anda untuk melakukan penyesuaian saat mengedit yang dapat menyimpan foto. Video dari Adorama ini secara sederhana menguraikan manfaat memotret dalam RAW.

Bidik dalam Mode Burst

Berbicara tentang momen peristiwa yang hanya berlangsung beberapa detik, memotret dalam mode burst akan membantu Anda mengabadikan momen ini. Mode burst memungkinkan Anda untuk menangkap beberapa bidikan secara berurutan dengan cepat hanya dengan menahan tombol rana.

Mode burst berguna saat memotret acara yang bergerak cepat seperti fotografi olahraga atau konser. Ini juga harus digunakan saat mengabadikan momen yang berlangsung beberapa detik seperti ciuman pertama pengantin atau seseorang yang meniup lilin ulang tahun. Mode burst akan menangkap setiap frame aksi dalam momen-momen cepat dan penting ini.

Sampai di sana lebih awal

Ketika datang ke hari acara, hal terakhir yang ingin Anda lakukan saat memotret sebuah acara muncul pada saat yang sama dengan para tamu. Datanglah ke acara cukup awal untuk memberi Anda waktu menyiapkan kamera dan mencari lokasi. Biasanya, acara juga akan memiliki detail pengaturan dan dekorasi yang lebih mudah ditangkap sebelum para tamu tiba.

Datang ke acara lebih awal juga akan membantu Anda mengabadikan momen saat tamu pertama kali datang. Ini adalah salah satu peluang terbaik Anda untuk menangkap interaksi emosional saat para tamu saling menyapa dan menyambut.

Menangkap emosi dan ekspresi

Menangkap emosi adalah sesuatu yang harus Anda perjuangkan lama setelah tamu tiba. Momen-momen ini biasanya tidak diharapkan oleh klien untuk dilihat tetapi menjadi foto favorit mereka.

Anda mungkin tidak selalu tahu kapan seseorang akan memiliki reaksi emosional. Jadi, cara terbaik untuk menangkap ekspresi ini adalah dengan menyiapkan bidikan Anda dan menunggunya muncul secara alami. Ini akan memungkinkan Anda menyusun foto dengan benar sambil mendapatkan ekspresi asli.

Penting juga untuk membaca ruangan. Memahami di mana hal-hal terjadi dan di mana hal-hal yang tenang. Jika orang mengadakan kontes dansa di lantai dansa, jangan di dekat meja makan. Kesadaran ini adalah salah satu dari 5 tips lanjutan dari video tutorial Mik Milman di bawah ini.

Ingatlah bahwa reaksi para tamu akan sangat bergantung pada acara yang Anda potret. Pernikahan akan memiliki tamu yang sangat emosional yang bahkan hampir menangis. Pemotretan acara perusahaan dapat memiliki tamu yang dipenuhi rasa ingin tahu oleh seorang pembicara tamu. Waspadai berbagai emosi yang akan muncul saat Anda memotret.

Ambil foto candid

Foto candid adalah yang paling sulit untuk direncanakan, tetapi seringkali paling disukai oleh klien. Mengambil foto candid adalah masalah waktu, insting, dan keberuntungan. Seperti yang kita bicarakan di bagian sebelumnya, membaca ruangan akan membantu Anda berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat untuk mendapatkan bidikan candid yang sempurna.

Setelah Anda merasakan ruangannya, gabungkan ini dengan pengetahuan Anda tentang agenda acara. Ini akan membantu Anda mengantisipasi aksi dan di mana harus mengambil bidikan yang asli dan jujur. Menangkap momen candid juga akan menjadi lebih naluriah dengan pengalaman. Menjadi lalat di dinding dan mengantisipasi di mana aksinya akan membantu Anda menangkap orang-orang sebagaimana adanya.

Tembak foto yang berpose

Foto candid memang bagus, tetapi foto itu seharusnya bukan satu-satunya yang Anda ambil. Klien dan tamu akan ingin melihat foto yang berpose. Para tamu bahkan mungkin mendatangi Anda dan meminta Anda untuk berfoto dengan orang lain. Bersiaplah untuk transisi antara memotret momen candid dan foto berpose selama acara berlangsung.

Saat memotret foto pose, jangan takut untuk mengarahkan subjek Anda. Beri tahu teman-teman untuk saling berpelukan untuk foto berpose yang lebih alami. Temukan juga latar belakang unik untuk memotret subjek Anda.

Beberapa tip umum untuk berpose orang untuk foto adalah mengarahkan tubuh mereka menghadap kamera pada suatu sudut. Ini biasanya posisi yang lebih menyanjung. Berikan subjek Anda sesuatu untuk dilakukan dengan tangan mereka saat mereka berpose. Ini bisa berupa memegang gelas anggur mereka, saling berpelukan, atau bahkan sekadar memasukkan tangan ke dalam saku. Akhirnya, putuskan keseriusan dengan membiarkan beberapa gambar lucu atau konyol. Ini akan membantu tamu Anda bersantai untuk pemotretan selanjutnya.

Jadilah seorang ninja

Sebagai fotografer acara, Anda berada di sana untuk mengabadikan acara tanpa mengganggu para tamu. Untuk melakukan ini, jadilah seperti ninja bukan paparazzi. Bergerak licik di sekitar ruang acara untuk menghindari mengganggu acara. Cobalah untuk tidak menghalangi pandangan tamu saat memotret.

Tentu saja, ini tidak berarti tinggal diam. Memotret dari satu posisi aman akan mengakibatkan kurangnya variasi dalam bidikan Anda. Baca ruangan dan waspadai saat-saat ketika Anda bisa bergerak dengan tenang dan licik. Saat para tamu bergerak dengan bebas, bergabunglah dalam aksi tanpa menimbulkan gangguan apa pun. Menemukan keseimbangan antara bergerak bebas dan menjadi ninja akan membantu Anda mendapatkan bidikan terbaik dengan cara yang paling tidak mengganggu.

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *