5 Tips Fotografi Perjalanan Teratas

5 Tips Fotografi Perjalanan Teratas – Tidak ada yang kami hargai lebih dari perjalanan kami dan jika kami hanya memiliki satu hal untuk dikatakan tentang fotografi perjalanan, itu adalah ini: fotografi perjalanan adalah cara terbaik untuk mengabadikan momen mengembara kami ke keabadian dan menggunakan kenangan ini untuk menghangatkan hati kami bahkan di paling gelap kali.

5 Tips Fotografi Perjalanan Teratas

gommamag – Fotografi ( dalam bahasa Yunani) adalah gabungan dari kata Yunani (cahaya) dan (menulis atau menggambar). Wikipedia mendefinisikan fotografi sebagai seni, aplikasi, dan praktik menciptakan gambar yang tahan lama dengan merekam cahaya . Ini gila untuk berpikir bahwa semua yang kita lihat ketika kita melihat foto adalah cahaya. Gila namun mempesona.

Baca Juga : Semua Tentang Fotografi & Kebutuhannya di Dunia Saat Ini

Jika kami mencoba memberikan definisi fotografi perjalanan, itu akan menjadi sesuatu seperti ini: fotografi perjalanan adalah dokumentasi dari semua komponen yang membentuk tujuan tertentu. Ini termasuk lanskap, baik alam dan buatan manusia, orang-orang, budaya, makanan, dan, pada akhirnya, sejarah tempat ini. Tentu saja, fotografi pariwisata juga merupakan bagian dari genre fotografi perjalanan. Ini berfokus pada pemotretan hotel, resor, restoran, dan bisnis lainnya di industri pariwisata.

Tentang Fotografi Perjalanan Sebagai Genre

Fotografi perjalanan adalah genre fotografi terluas dalam hal semua subjek berbeda yang dicakupnya. Ini mencakup banyak bidang fotografi lainnya, seperti fotografi jalanan, lanskap, atau arsitektur. Inilah sebabnya mengapa dibutuhkan lebih dari sekadar pengetahuan fotografi untuk unggul sebagai fotografer perjalanan.

Seorang fotografer perjalanan yang baik harus fleksibel, terorganisir dengan baik dan ramah. Fleksibel untuk beradaptasi dengan tantangan terkait waktu (misalnya bangun pagi, begadang). Terorganisir dengan baik untuk merencanakan perjalanan fotografi hingga detail terakhir. Keluar karena, yah, Anda bisa pergi jauh dengan senyum jika Anda berencana untuk, katakanlah, mengambil potret orang asing di negeri yang jauh. Mempelajari satu atau tiga bahasa asing juga tidak ada salahnya.

Namun, ada sesuatu yang unik tentang fotografi perjalanan yang membuatnya menonjol dari semua genre fotografi lainnya. Tujuan fotografi perjalanan lebih dari sekadar memotret gambar yang spektakuler. Fotografi perjalanan adalah sarana untuk menceritakan sebuah kisah, untuk menginspirasi, dan, di atas segalanya, untuk mendidik orang tentang keragaman dunia kita yang indah.

Dalam beberapa dekade terakhir, banyak faktor yang membuat perjalanan dapat diakses oleh lebih banyak orang. Akibatnya, fotografi perjalanan tidak menarik bagi fotografer profesional saja. Hampir semua orang yang menderita nafsu berkelana ingin menyempurnakan keterampilan mereka dalam fotografi perjalanan. Berikut adalah beberapa tip sederhana tentang fotografi perjalanan untuk membantu Anda meningkatkan permainan fotografi Anda.

1. Teliti Lokasi Anda

Perjalanan fotografi Anda harus dimulai jauh sebelum Anda mencapai tujuan Anda. Tidak masalah apakah Anda seorang fotografer amatir atau profesional, meneliti lokasi Anda sangat penting jika Anda ingin mengambil bidikan epik yang selalu Anda impikan. Baik Anda sedang berlibur atau secara khusus bepergian untuk fotografi, ide cemerlang untuk membantu Anda melacak semua tempat yang ingin Anda kunjungi adalah dengan membuat peta pribadi (misalnya dengan Google Maps ) dengan semua tempat menarik yang ingin Anda potret.

Yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui terlebih dahulu waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi fotografi yang ada dalam daftar Anda. Misalnya, beberapa tempat paling baik dinikmati saat matahari terbenam, sementara yang lain harus dikunjungi saat fajar untuk menghindari keramaian. Kerjakan pekerjaan rumah Anda dan sesuaikan jadwal harian Anda.

2. Pilih Gear Anda dengan Bijak & Pelajari Cara Menggunakannya

Bahkan jika Anda telah memutuskan ingin menginvestasikan waktu dan uang dalam fotografi perjalanan, Anda tidak boleh membeli perlengkapan paling mahal sejak awal. Itu karena Anda mungkin akhirnya menyadari bahwa fotografi perjalanan bukanlah untuk Anda. Selain itu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menguasai dasar-dasar pemotretan saat menggunakan peralatan tingkat pemula.

Mulailah dengan DSLR entry-level atau kamera mirrorless dan terus berlatih sampai Anda yakin menggunakan mode manual. Mari kita jujur ​​di sini. Tidak ada alasan mengapa Anda harus menghabiskan begitu banyak uang untuk membeli kamera jika Anda berencana menggunakan pengaturan Otomatis saja. Anda akan lebih baik dengan smartphone yang bagus jika itu masalahnya. Selain itu, selalu bidik RAW, karena memungkinkan Anda mengedit gambar setelahnya.

Setelah Anda mengenal kamera Anda dengan baik, mulailah menggoda dengan berbagai lensa yang dapat Anda beli untuk mencapai hasil yang beragam. Misalnya, dengan lensa sudut lebar, Anda akan takjub melihat bagaimana seluruh desa dapat diperas dalam satu bingkai. Atau, mungkin, Anda ingin bereksperimen dengan lensa telefoto, terutama jika Anda menyukai fotografi alam liar. Kemungkinannya tidak terbatas. Semuanya kembali ke preferensi dan anggaran Anda.

Jika setelah waktu tertentu Anda masih terpikat pada fotografi perjalanan, Anda dapat mulai membeli aksesori lain juga. Ini mungkin termasuk tripod, baterai ekstra, flash, atau bahkan drone. Pada titik tertentu, Anda akan tahu bahwa inilah saatnya untuk meningkatkan kamera Anda juga.

3. Terus Berlatih & Sabar

Jika ada satu hal tentang fotografi perjalanan yang harus selalu Anda ingat, ini dia: Anda perlu berlatih, berlatih, dan kemudian berlatih sedikit lagi. Jangan menunggu sampai waktu berikutnya Anda bepergian untuk menguji kamera Anda dan fungsinya. Lakukan perjalanan fotografi di sekitar lingkungan Anda dan mulailah memotret.

Memotret di dalam ruangan dan memotret di luar ruangan. Bidik di bawah sinar matahari yang cerah, bidik dalam cahaya redup, dan bidik di malam hari. Pegang kamera Anda dan potret, gunakan tripod Anda dan potret. Singkatnya, bermain-main dengan semua pengaturan dan fungsi kamera Anda (pada mode manual, jangan curang).

Setelah Anda memahami pentingnya latihan, inilah saatnya untuk merangkul kesabaran juga. Anda tidak dapat berharap untuk mempelajari semuanya sekaligus. Anda harus menginvestasikan banyak waktu untuk akhirnya dapat memotret gambar perjalanan yang luar biasa.

Selanjutnya, fotografi bisa menjadi permainan menunggu. Sangat sering, Anda akan mendapati diri Anda menunggu waktu yang tepat untuk mengambil bidikan yang sempurna. Mungkin saat yang tepat ketika matahari terbenam ke laut atau saat air pasang datang. Juga, ingatlah bahwa kondisi cuaca tidak akan selalu menguntungkan Anda saat menunggu. Jadi, butuh banyak tekad, tetapi yang terpenting, kesabaran untuk menjadikannya sebagai fotografer perjalanan.

4. Selalu Bawa Kamera Anda

Anda telah menghabiskan sepanjang hari untuk memotret dan sekarang Anda merasa sudah waktunya Anda meninggalkan kamera Anda di kamar hotel untuk pergi makan malam dan mungkin menikmati satu atau tiga minuman. Anda benar tentang bagian makanan dan minuman, tetapi pikirkan dua kali sebelum Anda meninggalkan kamera. Mengapa tidak bereksperimen dengan fotografi malam sambil berjalan-jalan (mungkin sangat dibutuhkan) setelah makan malam?

Tidak peduli seberapa baik Anda telah merencanakan perjalanan Anda, Anda tidak pernah tahu kapan kesempatan luar biasa muncul untuk tembakan yang tidak ingin Anda lewatkan. Lebih baik membawa kamera Anda dan tidak pernah mengeluarkannya dari tas Anda daripada meninggalkannya dan menyesal tidak mengabadikan momen sempurna dalam waktu yang terbentang di depan mata Anda dan kemudian menghilang untuk selama-lamanya.

5. Hormati Penduduk Lokal & Satwa Liar

Apakah Anda bepergian di dalam negara Anda atau di luar negeri, Anda harus selalu menghormati penduduk setempat. Dalam situasi apa pun Anda tidak boleh membuat siapa pun merasa tidak nyaman demi mengambil bidikan yang sempurna. Bahkan satu miliar tembakan tidak layak membuat orang lain merasa tidak nyaman. Jika Anda ingin memotret penduduk setempat (dan, terutama, anak-anak mereka) dari dekat atau memotret selama acara lokal, selalu minta izin terlebih dahulu.

Demikian pula, Anda harus memperhatikan hewan dan kesejahteraan mereka setiap saat. Jika Anda berencana untuk memotret satwa liar, Anda harus selalu menjaga jarak aman dan menghindari suara atau gerakan yang dapat mengganggu hewan. Inilah saatnya lensa telefoto berguna. Pada nada yang lebih ringan, Anda bisa sedekat yang Anda inginkan dengan anak kucing atau anak anjing yang sangat suka diemong yang bersedia berpose untuk Anda. Pastikan Anda menghadiahi mereka dengan pelukan dan/atau hadiah setelah pemotretan.

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *