Panduan Pemula Untuk Fotografi Produk

Panduan Pemula Untuk Fotografi Produk – Apakah Anda seorang pemula atau lebih berpengalaman dengan fotografi, berikut adalah beberapa tip favorit kami yang akan membantu Anda meningkatkan fotografi Anda!

Panduan Pemula Untuk Fotografi Produk

gommamag – Di sini Anda memiliki produk hebat untuk dijual, tetapi bagaimana Anda meyakinkan calon pelanggan untuk membelinya? Fotografi produk secara harfiah menempatkan produk Anda dalam cahaya terbaik sehingga gambar dapat digunakan untuk berbagai tujuan termasuk:

  • Menampilkan produk : Web, sosial, eCommerce
  • Mempromosikan produk Anda: Iklan, pers, presentasi grosir, lookbooks
  • Menunjukkan apa yang ada di dalamnya: Kemasan, label

Meskipun Anda dapat menyewa seorang profesional untuk memotret produk Anda, terkadang biayanya, atau bahkan banyaknya produk, berarti itu bukan pilihan. Kabar baiknya, Anda tidak perlu kamera atau gadget terbaru untuk membuat pemotretan yang terlihat profesional, juga tidak perlu menghabiskan banyak uang.

Baca Juga : 11 Tips dan Trik Fotografi Acara untuk Semua Fotografer 

Pelanggan hanya ingin bukti bahwa produk Anda memiliki kualitas dan nilai yang diinginkan. Dalam artikel di bawah ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang fotografi produk , dan cara memotret produk Anda sendiri.

Berikut adalah lima hal utama yang Anda perlukan sebelum memulai pemotretan fotografi produk.

1. Space

Ruang yang Anda tentukan mungkin berupa ruangan atau bahkan hanya meja, tetapi harus bebas dari gangguan. Itu termasuk hal-hal seperti anak-anak, teman serumah, hewan peliharaan, atau elemen seperti angin sepoi-sepoi yang dapat mengganggu pengaturan Anda.

Jika menggunakan ruang sebagai latar belakang untuk produk Anda, cobalah untuk menghindari inkonsistensi dalam gambar, seperti variasi pencahayaan sepanjang hari yang akan mengubah posisi bayangan dalam bidikan Anda.

TIPS: Setiap ketidaksempurnaan kecil akan diperbesar, jadi pilihlah dinding atau permukaan yang bersih untuk dipasang.

2. Kamera

Jika Anda memiliki kamera profesional, bagus. Namun Anda akan terkejut betapa banyak yang dapat Anda potret di smartphone, dan itu berlaku untuk fotografi diam dan video. Selama ini adalah model terbaru dengan fokus otomatis dan jumlah megapiksel yang tinggi (8+), itu sudah cukup untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang akan menangkap detail yang indah.

3. Tripod

Kamera genggam memiliki risiko bidikan buram, jadi sebaiknya gunakan tripod, dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk lengan dan kaki. Pada topik kaki, tripod adalah dudukan berkaki tiga yang dapat disesuaikan yang memungkinkan Anda memasang ponsel atau kamera. Saat membeli, pertimbangkan ukuran dan tinggi sehingga tepat untuk produk Anda dan ruang pemotretan yang diinginkan. Dan jika Anda menggunakan smartphone, pastikan ‘kepala’ memiliki pegangan ponsel. Untuk produk kecil, pertimbangkan tripod saku sehingga Anda bisa masuk sangat dekat.

4. Background

Pikirkan tentang latar belakang apa yang paling cocok untuk produk Anda dengan warna polos. Lihatlah opsi berikut:

Background mulus

Baik putih, warna merek atau palet , latar belakang mulus dicapai dengan menggunakan ‘sapuan’. Ini adalah layar melengkung atau karton di belakang produk yang menghilangkan gangguan dan membuat produk tampak mengambang. Latar belakang yang mulus memiliki manfaat tambahan yang memudahkan untuk menghapus produk dari latar belakang menggunakan Photoshop atau perangkat lunak pengeditan lainnya.

Background cakrawala

Ini adalah garis yang melewati latar belakang, biasanya di mana dinding dan permukaan terhubung. Garis cakrawala menciptakan kedalaman tetapi rumit saat memotret banyak foto karena garis harus cocok di semua gambar.

Lifestyle background

Produk muncul dalam situasi yang relevan untuk memberikan konteks, seperti peralatan rumah tangga di rumah yang indah atau peralatan berkemah di luar ruangan. Menyertakan seseorang dalam bidikan sangat bagus untuk menunjukkan ukuran atau memberikan konteks tentang cara menggunakan produk, tetapi perlu diketahui, menambahkan variabel, seperti orang atau cahaya alami, dapat menjadi pekerjaan yang lebih banyak.

TIPS: Gunakan alat peraga sederhana yang tidak mengalihkan perhatian dari produk Anda.

5. Papan pantul

Cahaya yang memantul adalah saat Anda mengarahkan atau meredakan kerasnya lampu kilat untuk menciptakan pencahayaan lembut pada produk Anda. Ini mungkin terdengar rumit tetapi yang Anda butuhkan hanyalah permukaan putih atau reflektif, seperti karton , yang diposisikan untuk menangkap senter dan mengarahkan ulang ke produk Anda. Anda dapat bereksperimen dengan bidikan percobaan, menggerakkan papan untuk mendapatkan cahaya terbaik.

Membangun portofolio foto produk Anda

Anda mungkin hanya memiliki satu produk… untuk saat ini tetapi jika semuanya berjalan dengan baik, ada baiknya memikirkan gambaran yang lebih besar. Dan ini terutama benar saat memotret beberapa produk. Anda ingin foto Anda memiliki tampilan yang konsisten, dicapai melalui palet warna, saturasi atau filter , komposisi, lokasi, dan konteks atau situasi tempat Anda menempatkan produk Anda. Saat Anda memulai, perhatikan foto yang berfungsi paling baik; replikasi adalah cara yang bagus untuk menetapkan gaya fotografi Anda.

Menyiapkan: Ukuran gambar

Dalam konteks ini, kami mengacu pada bentuk foto Anda serta ukuran file. Anda dapat mengatur sebagian besar kamera untuk memotret dalam potret, lanskap, atau bahkan persegi (bagus untuk Instagram), berguna jika Anda tahu di mana gambar akan muncul. Untuk produk, selalu yang terbaik untuk memotret pada ukuran file setinggi mungkin karena Anda selalu dapat menguranginya nanti. Jika memungkinkan, pilih file RAW daripada Jpeg terkompresi.

Menyiapkan: Pencahayaan

Ada dua pilihan utama: cahaya alami dan buatan. Jika Anda memotret orang atau produk Anda ditujukan untuk penggunaan di luar ruangan, cahaya alami masuk akal. Meskipun memiliki beberapa tantangan. Di sisi lain, cahaya buatan bekerja dengan baik untuk pemula karena memberi Anda kontrol yang jauh lebih besar.

Cahaya terus menerus seperti lampu bertenaga yang mungkin Anda miliki di rumah memudahkan untuk menyesuaikan cahaya dengan kondisi ideal Anda, daripada mengandalkan lampu kilat. Kondisi pencahayaan yang telah ditentukan menciptakan konsistensi dari bidikan ke bidikan, menyesuaikan bayangan dramatis, menentukan bentuk, atau detail produk.

TIPS: Pencahayaan apa pun yang Anda pilih, luangkan waktu untuk mengonfigurasi penyiapan dan mengambil bidikan uji, untuk membuat produk Anda terlihat terbaik.

Produk pemotretan: Pembingkaian

Untuk pemula, kami merekomendasikan pemotretan lanskap karena ini adalah format yang mudah untuk dipangkas, cukup fleksibel untuk menampung beberapa ukuran (potret persegi). Produk Anda harus selalu menjadi fokus gambar tetapi itu tidak berarti harus berada di tengah bingkai. Seperti menemukan ‘sisi terbaik’ Anda sendiri, posisikan produk Anda secara optimal.

TIPS: Untuk fotografi digital, Anda tidak akan pernah memiliki terlalu banyak foto. Ambil bidikan sebanyak mungkin karena lebih mudah untuk menghapus daripada mengatur bidikan lagi.

Mengedit foto Anda

Setelah pemotretan Anda selesai, Anda dapat mulai membuat gambar Anda terpilih, condong ke gambar yang paling sesuai untuk produk Anda. Kemudian langkah selanjutnya adalah mengedit.

Berkat maraknya selfie, kebanyakan orang memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang dapat dilakukan oleh editor foto . Anda dapat mengubah ukuran foto menggunakan dimensi khusus Canva, menerapkan filter, atau melakukan penyesuaian untuk memberikan tampilan terpadu pada semua gambar.

Dimensi khusus untuk foto Anda

  • Buka Canva
  • Klik ‘Buat desain’
  • Tepat di bawahnya, klik ‘Dimensi khusus’ dan ketik ukuran yang Anda butuhkan, berdasarkan piksel atau unit pengukuran tradisional

Terapkan filter ke foto Anda

  • Klik gambar yang ingin Anda edit
  • Klik ‘Filter’ pada bilah alat di atas
  • Klik pada filter untuk menerapkannya pada gambar dan sesuaikan tingkat intensitas sesuai keinginan Anda

Buat penyesuaian pada foto Anda

  • Klik gambar yang ingin Anda edit
  • Klik ‘Penyesuaian’ pada bilah alat di atas editor
  • Mainkan dengan kecerahan, kontras, dan saturasi

TIPS: Terapkan penyesuaian yang sama di semua foto Anda, dengan menggunakan kode filter di bagian bawah halaman Penyesuaian. Pintasan ini memastikan semua foto Anda memiliki perlakuan yang sama.

Author:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *